WORKSHOP DESAIN CASE BASED AND PROJECT BASED LEARNING

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau baru-baru ini menyelenggarakan workshop bertajuk “Desain Case-Based dan Project-Based Learning” pada 27-28 Agustus 2024.  Workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menerapkan metode pembelajaran inovatif yang berfokus pada studi kasus dan proyek, guna meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.

Program Studi Ilmu Hukum dalam kegiatan ini mengutus Dr. Febri Handayani, SHI., SH, MH untuk mengikuti workshop ini, dengan harapan Dosen yang mengikuti workshop ini mampu menularkan kepada dosen yang lain, sehingga secara keseluruhan dosen Prodi Ilmu Hukum mampu memahami dan menerapkan berbagai metode pembelajaran.

Workshop ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metode pembelajaran berbasis kasus (case-based learning) dan berbasis proyek (project-based learning). Kedua metode ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memfasilitasi pembelajaran aktif, dan mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan dunia nyata.

Prodi Ilmu Hukum sebagai barometer Program studi di UIN Suska Riau harus mampu menjadi Leader dalam perkembangan metode pembelajaran, apa lagi Prodi Ilmu Hukum dalam Kurikulum 2023 mengembangkan kurikulum yang lebih banyak bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa secara maksimal.

Ketua Prodi Ilmu Hukum Dr. Muhammad Darwis, SHI., SH., MH menyatakan bahwa Prodi Ilmu Hukum harus menjadi pelopor dalam pengembangan kurikulum dan model pembelajar. Harapan kita seluruh mahasiswa Prodi Ilmu Hukum mampu menguasi pengetahuan dan ketrampilan dengan baik sesuai dengan perkembangan ilmu hukum.

Dengan memiliki konsentrasi yang dimiliki saat ini, Prodi Ilmu Hukum harus mampu bersaing dengan Prodi Hukum lainnya dan memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dengan Capaian pembelajaran lulusan Prodi hukum yang baik. Prodi Ilmu Hukum memiliki CPL lulusan yang luas dan beragam.

Metode case-based dan project-based learning merupakan pendekatan yang sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan praktis lulusan mahasiswa prodi Ilmu Hukum dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di dunia profesional.

About Ilmu Hukum

Check Also

Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Juara III dalam Lomba Karya Ilmiah

Dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Universitas Islam Riau (UIR) pada 4 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *