RAPAT KERJA PERKUMPULAN PENYELENGGARA PROGRAM STUDI ILMU HUKUM PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PPPSIH PTKIN)

Rapat Kerja Perkumpulan Penyelenggara Program Studi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PPPSIH PTKIN) se-Indonesia sukses digelar oleh tuan rumah yaitu Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, Semarang. Kegiatan berlangsung pada tanggal 4-6 September 2024. Acara ini dihadiri oleh pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, Dosen dan mahasiswa serta Pengurus dan Anggota PPPSIH PTKIN se Indonesia.

Ketua PPPSIH PTKIN Dr. Ach. Thahir, S.H.I., S.H., LL.M., M.A menyatakan pada Rapat Kerja Nasional ini dikolabarasi dengan beberapa kegiatan Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang, yaitu Seminar Internasional dan Workshop Kurikulum OBE. Seminar Internasional dengan tema “Strengthen the Spritual Values of Law: Financial Technology, Opportunities and Challenges in the Industrial Revolution 5.0”, sedangkan Workshop Kurikulum OBE dengan tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Hukum Menuju Unggul dengan Internasionalisasi Melalui Kurikulum Outcome Based Education (OBE). 

Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam kerjasama Prodi Ilmu Hukum untuk menjawab tantangan Prodi Ilmu Hukum ke depan, dengan memfokuskan pada perkembangan hukum secara internasional pada era 5.0 dan pengembangan kurikulum Prodi Ilmu Hukum berbasis Outcome Based Education (OBE).

Ketua Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. Makhrus, SH., M.Hum sebagai narasumber Workshop kurikulum menyatakan kurikulum ini dirancang untuk memastikan bahwa lulusan prodi ilmu hukum tidak hanya menguasai pengetahuan hukum, tetapi juga memiliki keterampilan  hukum lainnya yang terukur sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Tanggung jawab kurikulum berbasis OBE tidak hanya pada dosen, tetapi juga berada pada Program Studi, Fakultas dan Universitas untuk menjelaskan impact atau dampak nyata dari pelaksanaan kurikulum OBE ini.

Sejumlah isu dan rencana strategis PPPSIH PTKIN pada tahun 2024 dibahas secara mendalam. Program kerja yang direncanakan pada tahun 2024 ini adalah PPPSIH PTKIN akan mengadakan pertemuan rutin virtual melalui Zoom setiap bulan. Pertemuan ini akan digunakan untuk membahas perkembangan prodi Ilmu hukum dan mengevaluasi program, serta merencanakan kegiatan mendatang. Program kerja lainnya adalah mengadakan pelatihan Dosen dan Mahasiswa. PPPSIH PTKIN akan fokus pada pengembangan keterampilan teori dan praktis hukum.

Pada rapat kerja ini melahirkan beberapa rekomendasi :

  1. Peningkatan kerjasama PPPSIH PTKIN dengan semua pihak baik nasional dan internasional.
  2. Penguatan Kelembagaan Program Studi Ilmu Hukum dilakukan dengan peningkatan dukungan, komitmen dan kontribusi semua pihak baik fakultas dan universitas dan stakeholder lainnya untuk pengembangan prodi Ilmu Hukum.
  3. Keberpihakan pimpinan Fakultas dan Universitas untuk pengembangan Program Studi Ilmu Hukum. Pengembangan ini dilakukan dengan peningkatan dukungan terhadap pembiayaan serta sarana pengembangan potensi dan kualitas lainnya bagi mahasiswa dan dosen prodi ilmu hukum yang lebih jelas dan terukur.

Dengan Visi PPPSIH PTKIN untuk mewujudkan Program Studi Ilmu hukum yang unggul, diharapkan semua penyelenggara prodi ilmu hukum dapat bergerak secara bersama dengan meningkatkan komunikasi dan kerjasama yang menguntungkan.

Kegiatan Rapat Kerja Nasional dan Seminar Internasional ini tidak hanya memberikan platform untuk evaluasi dan perencanaan PPPSIH, tetapi juga menetapkan arah strategis yang jelas untuk pengembangan pendidikan tinggi hukum di PTKIN. Dengan berbagai rekomendasi dan program yang telah dirumuskan, diharapkan PPPSIH dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan kualitas dan reputasi pendidikan hukum di Indonesia.

Sekretaris PPPSIH PTKIN Dr. Muhammad Darwis, SHI, SH., MH mengucapkan terima kasih kepada Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang yang telah menjadi tuan rumah kegiatan rapat kerja ini, dan ucapan terima kasih kepada anggota PPPSIH yang hadir, yaitu:  

  1. Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Prodi Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumatera Utara Medan
  4. Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  5. Prodi Magister Ilmu Hukum Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  6. Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  7. Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang
  8. Prodi Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya
  9. Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta

Semoga Program Studi Ilmu Hukum ke depan mendapatkan predikat akreditasi unggul dan berjuang untuk peningkatan kualitas menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang unggul dalam kancah internasional.

About Ilmu Hukum

Check Also

Penguatan Kerjasama Program Studi Ilmu Hukum dengan BNN Propinsi Riau dalam Kegiatan P4GN

Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau memberikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *